Struktur Makam A. Pajalakitta

Diposting oleh Unknown , Sabtu, 01 Oktober 2016 20.23

Struktur Makam A. Pajalakitta 
Deskripsi                     : Makam Andi Pajala Kitta berbentuk persegi bujur sangkar dengan batu
nisan berjumlah satu dan masih dalam bentuk aslinya, belum mengalami perubahan yatu bentuk gada berukir. Bahan dasar batu nisan terbuat dari batu padas berwarna hitam dan orientasi makam menghadap dari utara ke selatan dengan ukuran  makam tersebut adalah panjang 70 cm, lebar 60 cm dan tinggi batu nisan 70 cm. situs ini berada di ketinggian 45 meter di atas permukaan laut, berada di titik koordinat  S 03 50 498", E 119 49 11.2 ".
Makam tersebut mewakili masa peradaban Islam dan berada di dalam kompleks perkuburan Jerra'E keluarga besar H. Andi Djoeddawi Panyiwi yang terletak di jalan Angkatan 66 kampung Lempange Kelurahan Rappang Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang Propinsi Sulawesi-Selatan.
Latar Sejarah              :  Andi Pajala Kitta adalah seorang pejabat kerajaan Rappang dengan jaba
tan sebagai Sulewatang Rappang yang ke - V pada masa pemerintahan Arung Rappang Sumange Rukka dan Lasadapotto. Beliau memerintah secara arif dan bijaksana dan tidak mau bekerja sama dengan pemerintah kolonial Belanda dan pemerintah Jepang.Sebagai Sulewatang beliau memegang pemerintahan pengganti Raja (Arung Rappang ). Pada tahun 1904 beliau wafat di Rappang.
     Andi Pajalakitta was an official at Kingdoom Rappang with the task as 5th Sulewatang Rappang on the periode Arung Rappang Sumange Rukka and la Sadapotto. Beliau to rule sharp and wise and didn't cooperative with Colonial Goverment Belanda and Japan Goverment. He was rule at 1900 and was dead in 1904 .

   

0 Response to "Struktur Makam A. Pajalakitta "

Posting Komentar