Struktur Makam Petta Lampe Uttu

Diposting oleh Unknown , Jumat, 30 September 2016 22.45

Struktur Makam La Canno Petta Lampe Uttu



Deskripsi                    : Makam Lacanno ( Petta Lampe Uttu) persesi empat menghampiri bujur
sangkar dengan ukuran makam panjang 60 cm, lebar 50 cm, tinggi batu Nisan 90 cm. Batu nisan berbentuk Gada bermahkota mewakili masa gaya Islam dengan warna batu nisan putih perak dengan warna asli batunya keabu-abuan dan batu nisan terbuat dari dari batu  padas dan telah mengalami perubahan. Letak / orientasi makam tersebut  menghadap dari utara ke selatan dan makam tersebut terletak di dalam komplek pemakaman keluarga Arung Rappang/ Kerajaan Rappang " JerraE H. Andi Djoeddawi Panyiwi yang terletak disebelah timur Mesjid Raya Rappang, Kec. Panca Rijang kab. Sidenreng Rappang Prov. sulawesi-Selatan. Situs tersebut berada di titik koordinat S 03 50 49.8 ", E 119 49 11.2 " dengan elevasy /ketinggian 45 meter dari permukaan laut dan menempati areal seluas 560 m2.

Latar Sejarah               :        Lacanno atau yang lebih dikenal dengan Petta Lampe Uttu/ Petta Gilireng adalah seorang Panglima perang kerajaan Rappang pada masa pemerintahan Arung Rappang. Beliau adalah bangsawan yang berasal dari gilireng daerah Wajo yang mengadakan hubungan persahabatan dengan kerajaan Rappang dan akhirnya beliau melaksanakan perkawinan dengan putri Arung Rappang dan akhirnya beliau diberi jabatan sebagai Sulewatang Arung Rappang pertama.
                                   Lacanno yang bergelar sebagai Petta Lampe Uttu karena beliau mempunyai lutut yang panjang seperti orang kebanyakan. Beliau juga mempunyai kelebihan yaitu menguasai ilmu bela diri pencak silat dan terkenal akan keberaniannnya sehingga beliau juga di angkat sebagai Panglima Perang Kerajaan Rappang hingga akhir hayatnya.
                                " La Canno who of titled as Petta lampe Uttu was Commander in Kingdoom of Rappang at period The Aroeng Rappang. He was nobleman from Gilireng the district of Wajo who of relation ship with the Kingdoom Rappang and finnally to take wedding with the  princess  Aroeng Rappang and togive possition job as the first Sulewatang Arung Rappang ."

 

 

2 Response to "Struktur Makam Petta Lampe Uttu"

Unknown Says:

Adakah silsilah petta lappe uttu

Anonim Says:

Ikut tanya

Posting Komentar