Strutur Makam Kapitang Bolong

Diposting oleh Unknown , Sabtu, 05 Desember 2015 00.28



STRUKTUR MAKAM KAPITANG BOLONG
       Makam kapitang Bolong berbentuk persegi panjang dan berundak-undak karena memiliki tangga, orientasi makam tersebut menghadap dari utara ke selatan dengan ukuran makam tersebut yaitu panjang 200 cm, lebar 110 cm dan tinggi batu nisan 90 cm. situs tersebut terletak di komplek pemakaman keluarga Kapitang bolong di desa Lise, kec. Panca Lautang Kab. Sidenreng Rappang dan berada dititik koordinat S 4 06.374", E 119.82 230" dengan elevasi 66 meter diatas permukaan laut.
       Bahan dasar makam tersebut terbuat dari batu padas dengan warna abu-abu dan putih perak, mewakili masa gaya Islam dan bentuk batu nisan yaitu gada kerucut. Kapitang Bolong atau nama aslinya Puang Maddangka adalah seorang putra Lise yang terkenal dengan keberaniannya dan selalu tegar dalam menegakkan kebenaran. Karena terkenal akan keberaniannya maka beliau di angkat sebagai salah satu punggawa/ panglima perang di kerajaan Sidenreng pada masa Addatuang Sidenreng ke-IX Sumange Rukka yang memerintah pada tahun 1299 Hijriah atau tahun 1882 M dan pada masa pemerintahan Addatuang Sidenreng ke-X La Sadapotto pada tahun 1905 sampai dengan tahun 1909 M.
       Dengan datangnya penetrasi barat dalam hal ini kompeni Belanda yang memaksakan untuk menaklukan wilayah dan daerah-daerah kerajaan di wilayah Nusantara, salah satunya adalah kerajaan Sidenreng maka terjadilah peperangan antara kerajaan Sidenreng dengan Belanda. Pada tahun 1906 M Belanda berhasil memukul mundur dan mengalahkan pasukan kerajaan Sidenreng  yang pada akhirnya Addatuang Sidenreng La Sadapotto menyerah kepada Belanda dengan menandatangani perjanjian dengan Belanda. Di lain pihak Kapitang Bolong yang merupakan panglima perang tidak setuju dengan keputusan Raja untuk menyerah dan berdamai dengan Belanda, akhirnya Kapitang Bolong meninggalkan kerajaan menuju ke kampung halamannya di Lise, tetapi kemudian beliau di tangkap oleh Belanda dan akhirnya mendapat hukuman yang berat dan ditahan pada tahun 1906 dan pada tahun itu juga Kapitang Bolong wafat.
       The Kapitang Bolong is the hero of Sidenreng Rappang Kingdoom, He was brave and the best figure, He was called " Bolong " that was the mean the Black because his skin was black and the Kapitang was mean Captain because he was be commander in Sidenreng Kingdoom. In 1906 to took the war between Ducth and Sidenreng and the finally the Sidenreng Kindoom was lose and the King Addatuang Sidenreng to signature the tractaat for the ducth and the Kapitang Bolong was death in 1906.

8 Response to "Strutur Makam Kapitang Bolong"

Unknown Says:

mau cari tau silsilah kapitang bolong adakah??? nama ayah dan anak2nya...mohon balasannya

impic7us Says:

nama ayah saya Muh Taufiq, nama kakek saya Muh Bakrie, asli Lise

Anonim Says:

Kittae - Lanno - supriadi....
Supriadi lanno kittae ayah sayaa..
Info lebihlanjut bisa email kesaya @dhaniiemoodtret@gmail.com

Anonim Says:

Kalau asli lise berarti kenal kittae dan lanno

Anonim Says:

Bapak sy juga asli lise ,cuma sy lahir di rantauaan dan ngak perna ke kampung bapak sy...nama bapak sy Saleng..atau biasa di sebut wa sale...dimakam
kan di Pinrang pekabata tataee.

Anonim Says:

Ini adek nya Yasser yaa

Anonim Says:

Saya keturunannya pung Campu (sepupu 2x nya ) pung MAddangka(kapitan bolong) setelah dikejar oleh Belanda ke lise keluarga kami lari menuju pammana wajo…

Anonim Says:

Saya juga ikut mencari silsila pung pomadae,saudara pung kapitang bolong

Posting Komentar