Mesjid/ langgar tua bersejarah Langgara tungga

Diposting oleh Unknown , Senin, 29 September 2014 00.50

Langgara Tungga atau langgar tua bersejarah terletak di desa Tana toro Kecamatan Pitu Riase Kabupaten Sidenreng Rappang, berada di titik koordinat S 03 39 060, E 120 02 330 dengan ketinggian 216 meter diatas permukaan laut. Secara etimologinya Langgara berarti langgar atau panggung yang dinaiki sedangkan Tungga adalah satu, tunggal. Langgar ini menurut cerita dari imam dan tokoh masyarakat setempat didirikan oleh Sando batu yang bernama Aceh yang keturunannya sudah mencapai 12 susun, didirikan sekitar abad ke-17. menurut wawancara dari Imam Langgar tersebut mengatakan bahwa pada mulanya ada 7 daerah yang singgah bersembahyang di Langgar/ mesjid ini ditambah dengan tuan rumah sehingga menjadi delapan dan wujudkan dengan bentuk tiang bangunan ini persegi delapan. Ukuran bangunan ini adalah panjang 8,5 meter, lebar 8 meter dan tinggi sekitar 5 meter. Langgara Tungga mempunyai 22 tiang terbuat dari kayu bitti, berbentuk rumah panggung, beratap ijuk, memiliki 12 jendela dan kondisinya sekarang terawat dan sudah beberapa kali mengalami renovasi. Langgar ini juga dipakai untuk shalat Jum'at.
"The Mosque of Langgara Tungga was the old building in region of Sidenreng Rappang. This build was built at 17 century by Sando Batu and the ather figur moslem the last time ago. This build were located in the top of mounthain in Tana Toro village, distric of Pitu Riase, Sidenreng Rappang Regency, South Sulawesi Provinsi of indonesia and had koordinat S 03 39 060, E 120 02 330 with elevation 216 meters.

3 Response to "Mesjid/ langgar tua bersejarah Langgara tungga"

Ayyung Says:

Ada nomor adminnya. Ini kampung nenek buyut saya. Ada beberapa hal yg mau sy tanyakan berhubung sy jauh dari Sidrap. 🙏

Anonim Says:

Konon cerita mesjid ini dulu berapa kali d bakar oleh penjajah Belanda tp TDK bisa terbakar sementara bahan mesjidnya dr kayu dan atapnya dr bulu Icuk yg yg rentan dgn api nmn Allah SWT menurunkan mujisatnya kala itu,,KMD keajaiban dr batu penyangga merupakan batu hidup Krn awal batu penyangga tsb kecil nmn seiring jalannya waktu by tsb SDH hampir ketemu d antara tiang Krn membesarnya

Posting Komentar