Situs Mata Air Bungnge Tjitta'E

Diposting oleh Unknown , Jumat, 26 September 2014 21.33

Bungnge Tjitta'E atau sumur/ mata air Tjitta'E berbentuk persegi empat menyerupain kolam dengan dasar kolam/ mata air tersebut dipenuhi dengan batu-batuan yang ditumbuhi dengan lumut. Ukuran panjang kolam adalah 8 meter dan lebar 7 meter dengan kedalaman kira-kira 1,5 meter. Orientasi sumur menghadap dari utara ke selatan dan disebelah utara dan  selatan di tumbuhi pohon beringin beringin yang umurnya mencapai puluhan tahun.Warna mata air tersebut berwarna putih jernih dan mengalir melalui parit di sebelah timur.
Bungnge Tjitta'E tersusun dari bebatuan dan dipagari beton setinggi 40 cm dan posisi situs ini terletak didesa Allakuang, Kecamatan MaritengngaE Kabupaten sidenreng Rappang Propinsi Sulawesi-Selatan dengan titik koordinat S 03 97 209, E 119 79 600, dan berada diketinggian 67 meter di atas permukaan laut dengan luas areal situ kurang lebih 14 X 16 meter.Jarak situs ini dengan pusat ibukota kabupaten sekitar 5 kilometer. Mata air ini menurut sejarah adalah mata air yang muncul dari dalam tanah dari sentakan kaki kanan La Pagala ( Nenek Mallomo ) yang ketika itu terjadi pada masa paceklik atau kemarau panjang yang terjadi di daerah ini untuk kebutuhan hidup dan berwudhu. Kejadian ini adalah kejadian yang luar biasa sehingga sumur tersebut disebut juga sebagai sumur Nenek Mallomo dan hingga saat ini masih di pelihara dan dijaga oleh masyarakat sekitarnya.

" The Well of Bungnge Tjitta'E is the amazing well in Sidenreng Rappang Regency because the situs had history background the kingdom of Sidenreng, South Sulawesi. The situs were located in Allakuang village, distric of MaritengngaE, Sidenreng Rappang regency South Sulawesi of Indonesia with koordinat S 02 97 209, E 119 79 600, elavation 67 meters. The situs distance about 5 kilometers from town of Pangkajene.



0 Response to "Situs Mata Air Bungnge Tjitta'E"

Posting Komentar