Struktur Makam Syeh Ali Mathar

Diposting oleh Unknown , Minggu, 11 September 2016 05.37

Struktur Makam Syeh ali Mathar

Deskripsi               : Makam Syeh Ali Mathar tak berbentuk persegi  tetapi hanya terpasang
sebuah Batu Nisan dengan bentuk gada polos tanpa ada pahatan atau ukiran. Batu nisan makam mempunyai ukuran panjang/ tinggi 50 cm, lebar 15 cm dengan warna dasar batu nisan tersebut abu-abu dan mewakili masa gaya Islam . Batu nisan terbuat terbuat dari  batu  padas dan belum mengalami peubahan. Orientasi/ letak makam tersebut  menghadap dari utara ke selatan dan makam tersebut terletak di dalam komplek pemakaman Muhammadiyah Lautang Salo Rappang  yang terletak di Lautang Salo Kel. Macorawalie disebelah selatan barat daya kota Rappang  Kec. Panca Rijang kab. Sidenreng Rappang Prov. sulawesi-Selatan dengan titik koordinat S 03. 50. 893 ", E 119. 48. 863" ,berada di ketinggian / elevasi 45 meter diatas permukaan laut dan menempati areal seluas kurang lebih 1 hektar.

Latar Sejarah               :Syeh Ali Mathar adalah seorang Ulama/ Muballig yang ternama, Beliau adalah keturunan Arab dan dilahirkan di Rappang pada hari Selasa, Syawal tahun 1313 H atau bertepatan dengan tahun 1895 Masehi.
                            Syeh ali Mathar adalah orang pertama sebagai pejabat Kepala Urusan Keagamaan di wilayah Sidenreng Rappang atau sama dengan Kepala Departemen/ Kementrian Agama pada masa sekarang ini. Sebagai seorang ulama, beliau bukan hanya berdakwah melalui ceramah atau khotbah agama yang pada masa itu juga sangat sulit menemukan orang yang bisa berkhotbah, tetapi beliau juga mendirikan sekolah agama, kelompok pengajian agama dan kegiatan sosial lainnya. Syeh Ali Mathar juga aktif di organisasi seperti di Muhammadiyah dan merupakan salah satu tokoh pendiri Muhammadiyah di wilayah Sidenreng Rappang.
                             Syeh Ali Mathar juga seorang pejuang dalam menentang pemerintah penjajah baik pada masa pemerintahan Belanda maupun pada masa pemerintahan Jepang. Sekolah agama yang didirikan pertama kali yaitu bernama Ainurrafiq yang bertempat di dekat rumah beliau di sebelah barat Mesjid Raya Rappang, kemudian sekolah tersebut semakin berkembang dengan banyaknya santri dan santriwati/ murid yang banyak berdatangan dari segala penjuru daerah seperti dari Palopo, Enrekang, Wajo, Pinrang , Pare, Barru dan sebagainya. Beliau juga mendirikan Majelis Ta' lim untuk kaum hawa/ ibu-ibu.
                              Pada tahun 1951 Syeh Ali Mathar secara Resmi mendirikan sekolah agama di Rappang yang merupakan cikal bakal sekolah Madrasah Tsanawiah dan Aliyah YMPI Rappang yang bertempat di sebelah timur Mesjid Raya sekarang ini.





0 Response to "Struktur Makam Syeh Ali Mathar"

Posting Komentar