Struktur Gua kelelawar

Diposting oleh Unknown , Kamis, 11 Agustus 2016 23.10

Gua Kelelawar begitu sebutannya dikarenakan didalam gua tersebut banyak satwa kelelawar yang bersarang di sana. Gua Kelelawar tersebut terletak di desa Maddenra Kecamatan Kulo Kab. Sidenreng Rappang bertempat di Taman Wisata  Alam Cabbenge dengan letak koordinat S 03 46 605 ", E 119. 47 762 dengan ketinggian di atas permukaan laut sekitar 90 meter.
     Jarak tempuh letak gua tersebut dari pemukiman penduduk di desa Maddenra sekitar 3 kilometer ke arah timur dengan memasuki areal hutan lindung Taman wisata Alam Maddenra Kulo dengan kondisi alam yang cukup menarik dan masih asli keragaman biota darat baik tumbuh-tumbuhan maupun satwanya. Latar belakang sejarah yang menyingkap gua tersebut kami dapatkan dari beberapa orang penduduk setempat dan aparat pemerintah mengatakan bahwa gua tersebut dahulu sering dipakai sebagai tempat persembunyian para pejuang kita dalam mengadakan perlawanan terhadap pemerintah Belanda dan pemerintah pendudukan Jepang, memang situasinya sangat strategis dan sangat tersembunyi sebagai tempat yang aman dari incaran tentara Belanda dan Jepang, apalagi jika ada serangan udara yang dilancarkan tentara Jepang karena di daerah tersebut tidak terlalu jauh dai pangkalan militer Jepang yaitu pangkalan udara tentara Jepang di Malimpung Pinrang.
     Jika di lihat dari udara memang susah terdeteksi karena mulut gua tersebut berada di bawah akar pohon yang besar yang usianya sudah ratusan tahun dan hampir tertutup oleh akar pohon. bentuk mulut gua tersebut berbentuk segi tiga dengan diameter sekitar 2,7 meter dan jalan masuknya mengarah ke bawah turun seperti tangga. Jika dilihat dari mulut gua seperti sempit tetapi setelah masuk kedalam ternyata luas dengan banyak ruang yang bersekat-sekat, didalamnya terdapat stalaktik dan stalaktik yang tidak terlalu panjang seperti gua lain pada umunya. Batuan disekitar gua tersebut adalah batuan kaars atau kapur seperti batu karang. Pada dasarnya tempat tersebut menyimpan potensi yang besar bagi dunia wisata dan budaya dan jika ditilik dari latar sejarah maka tempat tersebut dapat didata untuk registrasi cagar budaya di daerah ini dan kami sedang mengolah datanya, mudah-mudahan ada tindak lanjutnya dalam pengembangan obyek tersebut.
      The Bat Cave were located in Cabbenge Maddenra Village, distric of Kulo , Sidenreng Rappang Regency, South Sulawesi Province Indonesia. The Cave who of made from nature from yhe skin earth belong the last time ago. Thet place at the koordinat S 03, 46 605, E 119, 47 762" and elevation about 90 meters from the sea. The cave had the history background for the independent of Indonesia.




0 Response to "Struktur Gua kelelawar"

Posting Komentar