Situs Makam Nenek Petta Bolong Aje

Diposting oleh Unknown , Minggu, 21 September 2014 19.10

Makam Nenek Bolong Aje adalah situs yang tidak pernah didata dan di ekspos atau dipublikasikan di wilayah Sidrap maupun di sekitarnya. Situs ini terletak di desa Wala-Wala, Kecamatan Pitu Riase Kabupaten Sidenreng Rappang Prop. Sulawesi-Selatan. Situs ini berada di atas ketinggian/ di atas pegunungan berdekatan dengan lereng gunung Latimojong Kab. Enrekang dengan elevasi 210 meter diatas permukaan laut dan berada di titik koordinat S 03.38 057, E 120. 07 566, menempati areal situs seluas 6 X 8 meter di tengah pepohonan hutan yang masih asli dengan sebelah timurnya sungai. Bentuk makam persegi dengan panjang badan makam 2,70 m, lebar 1,20 m dan tinggi batu nisan 20 cm, bentuk batu nisannya berupa sebongkah batu bentuk lonjong berukuran kecil. Bahan dasar batu nisan terbuat dari batu kali dengan warna abu-abu kebiru-biruan. Orientasi makam menghadap dari timur ke barat, Nenek Bolong Aje adalah seorang panglima perang kerajaan Batu yang tegas dan gigih dalam menghadapi musuh. Beliau pernah berperang melawan Datu Rong di wilayah Sulawesi-Tengah kerajaan Kaili sekitar abad ke 18 Masehi. Diperkirakan masa pemerintahan beliau sekitar tahun 1700 Masehi. Kerajaan Batu adalah kerajaan tertua di wilayah Sidenreng Rappang yang berada di pegunungan berbatasab dengan Kab. Enrekang dan menjalin persahabatan dengan kerajaaan tetangga seperti kerajaan Luwu, Toraja, Wajo, Duri, Maiwa Sidenreng dan sebagainya. Dijuluki Bolong Aje atau Hitam Kaki karena Beliau mempunyai kaki yang berwarna hitam di kaki kirinya.
The King of Batu in Sidenreng Regency, South Sulawesi Indonesia had the Leader military the name is Nenek Petta Bolong Aje. The Grave situs Nenek Bolong Aje were located in Wala-Wala Village, Distric of Pitu Riase, Sidenren Rappang Regency, Indonesia.He was the sword and the hero in the Kingdom of Batu.

1 Response to "Situs Makam Nenek Petta Bolong Aje"

Anonim Says:

Nenek pette bolong aje dan nenek pette jenggot riri pd wktu dia panglima perang prnh d mnta mmbantu datu luwu mmbebaskan prmainsuri d culik d bwh k daerah tenggara

Posting Komentar