Situs Makam Addatuang Sidenreng Ke VIII La Panguriseng

Diposting oleh Unknown , Sabtu, 20 September 2014 19.29

Makam Addatuang Sidenreng La Panguriseng  terletak di desa Allakuang Kecamatan MaritengngaE Kabupaten Sidenreng Rappang Prop Sulawesi Selatan. Berada di titik koordinat S 03. 58 21, E 119. 47 50,0 dan berada di ketinggian 67 meter di atas permukaan laut dengan luas arel situs 1,507,84 meter. Ukuran makam tersebut adalah panjang 2 meter, lebar 1, 5 meter da tinggi batu nisan 1, 1 meter, bahan dasar batu nisan makam terbuat dari batu padas dan Andessif berwarna abu-abu dan putih perak di lengkapi dengan porselin dan pagar besi berwarna hijau muda. La Panguruseng adalah Addatuang ( Raja ) Sidenreng ke-VIII setelah menggantikan ayahnya yaitu La Pawawoi Addatuang Sidenreng ke - VII. Selama masa pemerintahannya di jalankan secara bijaksana dan tegas, kegiatan keagamaan digalakkan dan dipusatkan di mesjid Tua Jerra'E Allakuang. Kondisi makam terawat baik dan biasa dikunjungi para pesiarah baik dari keluarga maupun masyarakat di Sidrap dan dari luar daerah.Situs ini membuktikan kebesaran kerajaan Sidenreng pada masa lalu.
The Grape of King Sidenreng VIII La Panguriseng were located in Allakuang village, distric of MaritengngaE Sidenreng Rappang Regency, South Sulawesi Provincy of Indonesia. On the periode of King La Panguriseng becone the forward for Kindom Sidenreng for the sample for activity religius, human relation and relatioship for a lot of kindom in Sulawesi region like the Kingdom Gowa, Luwu, Mandar and so on. The grape were koordinat S 03 58 21, E 119 47 50,0 and elevasy 67 meters.


37 Response to "Situs Makam Addatuang Sidenreng Ke VIII La Panguriseng"

Unknown Says:

Aslmalkm, salam kenal buat saudaraku bakhtiar Said, saya se-
nang krn tlah mempublikasikan silsilah La Panguriseng, Adda-
tuang Sidenreng, sebelumnya saya minta maaf karna mau se-
dikit meluruskan mengenai silsilah La Panguriseng, Addatuang
Sidenreng ke VIII, sbb :
La Panguriseng Sultan Muhammad Ali, Addatuang Sidenreng/
Raja ke-X (1837-1889) dan Arung Rappang/Raja ke-XIX (1870-
1889), nama Bapak dan Ibunya La Panguriseng Sultan Mu-
hammad Ali yaitu : La Pasanrangi Muhammad Arsyad, Petta
Cambang Sidenreng, Arung Malolo Sidenreng, Anak Mattola
(Pewaris Tahta) dari Bapaknya yaitu : La Wawo, Addatuang
Sidenreng/Raja ke-IX (1824-1837), Arung Maiwa, Arung Tem-
pe, dan Arung Berru ke-X bersama dgn Istrinya yaitu : I Bum-
beng, Karaeng Pabbineang. Jadi La Panguriseng Sultan Mu-
hammad Ali menjadi Addatuang Sidenreng ke-X (1837-1889)
adalah warisan dari neneknya yaitu : La Wawo, Addatuang
Sidenreng/Raja ke-IX (1824-1837). Sekali lagi saya minta
maaf. ini sekedar meluruskan krn ini silsilah keluarga saya.
ooo iya nama saya : Andi Hidayat Bin Andi Hasanuddin Bin
Haji Andi Patongai Machmud Panguriseng, saya adalah ge-
nerasi ke-4 keturunan Addatuang Sidenreng dari kakek sa-
ya yaitu : La Panguriseng Sultan Muhammad Ali, Addatu-
ang Sidenreng/Raja ke-X (1837-1889) bersama dengan istri-
nya yaitu : Andi Denge (Petta Makkunraie) salah satu istri
dari ke 3 istri La Panguriseng.

Anonim Says:

La Pangoriseng digantikan oleh anaknya Sumangerukka kemudian digantikan lagi La Sadapotto. La Sadapotto mempunyai beberapa isteri, dua diantaranya di Rappang, yakni I Poca Besse Cenrana putri dari La Munde Sulewatan Rappang. Dari perkawinan ini menurunkan La Sidda Petta Pamadae bersaudara. Kemudian dari I Sikati putri dari La Mauseng arung benteng menurunkan Petta Lolo Lamakkasau bersaudara. (A.S.Dollah generasi ke 4 dari La Sadapotto di Rappang)

Unknown Says:

maaf sblmnya mau tanya apakah dalam silsilah La Panguriseng memiliki anak bernama karaeng temmalala?
cuma mau membuktikan aja silsilah yang dibuat kakek saya....
terima kasih sebelumnya....

Unknown Says:

Terima kasih atas masukan dan sanggahannya , kami butuh info yang lebih mendeteil apalagi dari pihak keluarganya.

Unknown Says:

Assalamualaikum ..Saudaraku Nanda Kasim, setahu saya dan yg ada di silsilah keluarga kami mengenai anak La Panguriseng Sultan Muhammad Ali (Addatuang Sidenreng/Raja ke-X)yg bernama Karaeng Temmalala itu tdk ada ....

La Panguriseng Sultan Muhammad Ali (Addatuang sidenreng/Raja ke-X thn 1837 s/d 1889 dan menjadi Arung Rappang/Raja ke-XIX thn 1870 S/d 1889, memiliki istri 3 orang diantarannya :
1. Idala Sidenreng, dan nama anaknya :
- I Dora
- I Manu
- I Kadandio
- I Cuwi
- I Dangnga
2. I Bangki (Arung Rappang), dan nama
anaknya :

- Sumange Rukka (Addatuang Sidenreng
ke-XI
- I Nyili Timo (Arung Baranti)
- La Sadapotto (Addatuang Sidenreng
ke-XII)
- La Patiroi
- E Dala Tikka (Krg. Balla Kacae)
- Dala Uleng (Petta Massaolebbie)
- Dala Wettoing (Krg. Kanjenne)
- La Pawawoi
- Alakkaraja
- E Mappanyiwi
- La Cakkudu (Petta Amparita)
- Mammula Datu
- La Cakkumba (Petta Empagae)
- E Campuranga (Krg. Pabbineang)
- E Nillang

3. Andi Denge (Petta Makkunraie), dan nama
anaknya :

- Andi Machmud (Petta Pabbicara La
Mammo, Petta Matoae, Petta
pangulue, Petta Taubarania, Petta La
Kape) Panglima Perang Addatuang
Sidenreng/Raja ke-XII pada masa
pemerintahan saudaranya yg
berlainan Ibu yaitu La Sadapotto
- Andi Bau Mamma

KOTA BERKELANJUTAN Says:

Yang dimuat adinda Pradana Hidayat itu yang benar, dari berbagai silsilah yang saya pernah baca seperti itu. wassalam.

Muhammad yunus Says:

Maaf makom petta cambang dimana yang menurut suren ketahui

Unknown Says:

Mau tanya nama 5 saudara la pangurisseng dari pasangan inomba datue ripammana pilla RI wajo dengan Petta cambang lamuhamma ri maiwa.. tolong ya swdra ku soalnya saya keturuanan dari salah 1 saudara beliau

Hendra Jaya Says:

klw saya Keturunan Sadapotto dr anaknya LASIDDA"Petta Pammadae dr anaknya yg bernama Petta Tenri"Petta Bangkai"dan Petta Mendo"karna LA SIDDA mempunyai 3 anak saudara kandung seibu sebapak:1..Lamunde 2..Lamendo 3..I Tenri Petta Bangkai.jadi klw dr Bpk: nama saya Hendra Bin Tola Bin Ipu Bin Mendo Bin Sidda Bin Sadapotto Bin Panguriseng.klw dr Ibu..Hendra Binti Magi Binti Bunga"Istri Puang Sade Bin Juranga Marola"Arung Lolo"Bin Datu Lapajung Soppeng Bin Arung Leworeng dan Datu Belo Soppene
Binti Patahangi Binti Tenri Petta Bangkai Istri dr Petta Sanrang

Hendra Jaya Says:

klw saya Keturunan Sadapotto dr anaknya LASIDDA"Petta Pammadae"dr anaknya yg bernama Petta Tenri"Petta Bangkai dr Ibu I Poca Besse Cenrana.."dan Petta Mendo"karna LA SIDDA mempunyai 3 anak saudara kandung seibu sebapak:1..Lamunde 2..Lamendo 3..I Tenri Petta Bangkai.jadi klw dr Bpk: nama saya Hendra Bin Tola Bin Ipu Bin Mendo Bin Sidda Bin Sadapotto Bin Panguriseng.klw dr Ibu..Hendra Binti Magi Binti Bunga"Istri Puang Sade Bin Juranga Bin La Marola"Arung Lolo"Bin Datu Lapajung Soppeng Bin Datu Leworeng dan Arung Belo Soppeng"
Binti Patahangi Binti Tenri Petta Bangkai Istri dr Petta Sanrang

Unknown Says:

Di mana letak makam datu sidenreng mohon infonya

Unknown Says:

Mohon info ny untuk makam datu sidenreng

Unknown Says:

Arrung Berru ke x dan istrinya I Bumbeng Karaeng Pabbineang. Pabbineang ini letaknya di Kec. dan Kab. apa?. Mohon info akurat


Unknown Says:


Saya agak setuju versi ini walaupun masih ada perbedaan sedikit dari yg saya tau,,

Unknown Says:

Assalamualaikum
Kalau boleh saya tau pasangan dari anak lapanguriseng (addatuang)yaitu IDora siapa ya?

Unknown Says:

Maaf kalau anaknya lapanguriseng
I Dora ,i manu , idangnga, ikadangdio, i cuwi sudah pada kemana sekarang ?? Apa ada silsilahnya

a. awan Says:

assalamualaikum saya ingin perkenalkan diri.. saya juga keturunan sidenreng rappang.. dan sy jug pernah ke makam arung di allakkuang. klo ada yg bertanya silahkan...

a. awan Says:

saya selalu siarah kubur di empagae.. di sana ada keturunan sy datu lacakumba dan sy juga pernah siarah kuburan patiroi di sereang belakang mesjid.. jadi sy termasuk keturunan orang sidrap

a. awan Says:

kalau saya keturunan dari datu lacakumba makam nya empagae.. dan anak lacakumba bau ampa itu lah nenek moyang saya..

Unknown Says:

Assalamu alaikum salam kenal

Unknown Says:

Maaf sy memcari kel leluhurku , Nenek Buyut Kandung sy namanya I BOTIMO , kata nenek sy cucu kandung dari I BOTIMO adalah seorang anak datu dari Lawawoi Sidrap .. Dulu di ke Polmas ( Polman ) krn daerahnya di jajah , Setelah aman , Datu I Botimo Pulang ke Sidrap , Nenek sy I Botimo Punya anak Kandung bernama I MANAMI , Sy memcari makan nenek sy I BOTIMO yg cerita orang tua" yg tau sejarah hidup alm adalah anak raja .. smg lewat media ini , sy bisa tau jelas ttg Leluhur kami dari garis addatuang .. maaf

Kopral BANJHO Says:

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu Akaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Perkenalkan.... nama saya ARHAM ANDI PASANRANGI. Sebelumnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, menurut keluarga besar saya (Famili Andi Pasanrangi), kami ini turunan dari La Cakkudu (Petta Amparita), dimana salah satu anak dari La Cakkudu ialah La Pasanrangi Datu Taru, saya mencari makamnya, karena saya sudah datang berziarah di Makam Raja-Raja Watang Lamuru di Bone, makam beliau Tidak ada. Mohon info kalau ada diantara kita disini yang mengetahuinya. Bisa kontak saya dinomor 085342509944. Terima kasih Wassalam

Unknown Says:

Tabe Maraja..

Saya Ilham.. Mungkin d Antara Rumpun Keluarga Ada Yang Mengetahui Silsilah Tersebut.. Info Silsilah Ini Dari Nenek Kami Yang Tercinta Puang Maccayya Anak Dari I Baco - I Bade' Keturunan Lapanguriseng Rahimahullahu.. Yang Telah Wafat Beberapa Puluh Tahun Yang Lalu & Sebelum Wafatx.. Silsilah Tersebut d Sampaikan k Anakx Yg Perempuan...

Tabe Maraja..

lapanguriseng Addatuang Sidenreng
*Puang Nariya - La Cakkudu Petta Amparita
*Tenri Koro - Andi Ampi Petta Janggoe
*Lakuka - I Cakkudu
*I Baco - I Bade'

Makasih Atas Perhatian ta'..
WA 081351509434

Unknown Says:

Kemungkinan di la pasu Barru, karena beliau adalah datu lapasu

Anonim Says:

assalamu'alaikum tabe' maraja.. barangkali ada yang bisa bantu..saya mau mengetahui silsilah dari buyut saya namanya Petta Undu' beliau dimakamkan di Polewali mandar..informasi dari nenek saya beliau adalah salah satu putra dari Addatuang Lasadapotto

Unknown Says:

Ikadangdio kawin dgn kanja
Lahir Itompo
ARUNGNGE Andi Dandang kawin dgn Itompo.
Anak al:
1.Andi Dangnga √ Andi Patongai
2.Andi Bungasa
3.Andi Nillang
4.Andi Tjella
5.Andi Tangka
6.Andi Mandio
7.Andi Miradje
8.Andi Paki
9.Andi Tjitju
10.Puang Lambang (beda ibu)
11.Puang Sallang (beda ibu)

Selanjutx
Andi Miradje Kawin dgn Andi Maremmang
Anaknya :
1.Andi Kasim
2.Andi Malle
3.Andi Sianglipu
4.Andi Menning
5.Andi Dora

Selanjutnya
Andi Malle kawin dgn Hamisah
Anaknya
1.Andi Kasmidi
2.Andi Herlina
3.Andi Ulla
4.Andi Jamilah
5.Andi Sitti Halijah

Selanjutnya
Andi Kasmidi kawin dgn Masdaliah
Anaknya :
1.Andi Darmawangsa
2.Andi Mustika


Kopral BANJHO Says:

Alhamdulillah saya sudah ke Lapasu_Balusu (Soppeng Riaja), ketemu dengan Keluarga Besar La Pasanrangi Datu Taru

Unknown Says:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh... Sebelumnya saya mohon maaf kepada Andi Hidayat Bin Andi Hasanuddin Bin
Haji Andi Patongai Machmud Panguriseng ,yang mana keturunan ke 4 dari La Panguriseng salah satu istri ke 3 La Panguriseng yakni Andi Denge (Petta Makkunraie)...

Disini saya ingin bertanya bahwa saudara Andi Hidayat Bin Andi Hasanuddin Bin
Haji Andi Patongai anak ke berapa dari Andi Denge (Petta Makkunraie) krn orang tua laki laki ( kakek) saya dari ibu saya disini jg dari garis keturunan Petta Mahmud istri ke 3 beliau Andi Dange ( Petta Makkunraei ) yang sekarang ini berkedudukan di Saoraja Massepe.. Mohon pencerahaannya sebagai sauadara seketurunan dari La Pangguriseng.. Wassalam Andi Muhammad Saleh Usman

Unknown Says:

Andi Parakkasi (Petta Andi) adakah yg mengetahui silsilanya ??? Mohon pencerahannya🙏🙏 hub WA 0895433022225

Anonim Says:

Kalau ngak salah isrri pertama cakkudu bernama st hawa datu balusu soppeng melahirkan anak bernama datu bandu dan datu selo, kita ada grup WA unk keterunan lacakkudu petta amparita dan bayak ketirinan istri lainnya di sini bernama A.Bonga

Anonim Says:

Petta Undu anak dari pasangan La Sadapotto dg I Poca. Petta Undu menikah dg Arung P. Salla (maaf, sy tidak tau nama isteri Petta Undu yg lain), anakx bernama Petta Mama'. Petta Mama' menikah dg Petta Lolo Hindi yg mana Petta Lolo Hindi keturunan dari La Sadapotto dg I Gawe, melahirkan anak yg bernama La Paremma. La Paremma menikah dg I Pattawe dan lahirlah Petta Lolo Hindi. Petta Lolo Hindi dg Petta Mama' memiliki anak antara lain : A. Siri, A. Manneng, A. Habib, A. Banna A. Pada, A. Kade. Keturunan beliau pd umumx berdomisili di Kab. Sidrap

Anonim Says:

Lacakkudu Petta Amparita kawin dg St Hawang saudara Muh Saleh dg Parani Sulle datu Soppeng dan Datu Balusu punya anak La Pasanrangi Datu taru yg kawin dg sepupunya Datu Matta lahir Datu Bandu dan Datu Selo

Anonim Says:

Masih banyak keturunan mMuhammad Ali Adatuan sidenreng La Paguriseng belum di data .seperti anaknya Dora Arung bilok kawin dengan Arunge Landahoro.melahirkan Lacunde peta pabicara sidenreng .melahirkan anak Arung Andi palalloi arunge Andi Pallawagau Arunge Iminda..Arunge andi pallawagau melahirkan .H.Andi patetengi Distrik pertama kecamatan duapitui.tanrutedong dan ketua Petran pertama. Melahirkan Anak.1.Hj.Andi Angka..2.Hj.And.Munda .3.Andi Cudai.4. Andi Tuleng..5.H.Andi Rahmat.kawn dengan Hj.Andi Cundun .takko.bin Arung otting Anditakko pejuang kemerdekaan Riasal tanrutedong.melhirkan 1.Ir.Andi Arwai.2.Dr.Andi pallawagau,SE.MSi.3.Ir.Andi Nelliywati..4.IrAndi Muhammad Yusup..Dr.Andi pallawagau.SE.MSi.kawing dengan Andi Reni RahmawtiTanrasula.wareng .cucu dari Andi Ance karaeng sedang sulawatan solong Bone .Anaka Dari Somba Makulau .Raja Gowa..

Anonim Says:

Assalamu'alaikum saya salah satu keturunan dr La Cakkudu

Anonim Says:

Maaf... Andi Muhammad Saleh Usman karna baru saya balas 🙏

Lapanguriseng Sultan Muhammad Ali, mempunyai istri 3 orang
1. I Dala Sidenreng
2. I Bangki/Arung Rappang
3. I Maddenge/Cucu Arung Maroanging

I Maddenge melahirkan anak 2 orang yaitu
1, Andi Machmud/Petta MatoaE Massepe
2. Andi Bau Mamma/Petta Labempa

Andi Machmud, mempunyai 11 istri, salah satu istrinya itu asal dari saya, yaitu :
I Sitti Coa/Puang Sitti, mempunyai anak 6 orang
- Haji Andi Patongai/Arung Wanio dan Petta Pabbicara Massepe (yg punya Saoraja Bilokka, dari sini asal saya) mempunyai istri bernama Puang Ungah/Mara'dia, mempunyai anak 5 orang yaitu:
Andi Hasanuddin/Penerus Pabbicara Massepe dan Saoraja Bilokka, yg istrinya bernama Andi Suhara (Petta Bunga Tikka) melahirkan anak 6 orang yaitu salah satunya saya sendiri Andi Hidayat Hasanuddin ... demikian.

Anonim Says:

Tabe saya salah satu keturunan dari Andi Syamsul ,Andi Syarifuddin (Andi tolo) anak dari Petta bau syamsu alam dari ayah cakkumba Petta empagae dari ayah La Panguriseng Sultan Muhammad Ali (Addatuang sidenreng.
Hanya sampai sini saya paham silsilah keturunan dari alm kakek saya..

Posting Komentar